Menapak Cerah Batik Lasem

Menapak Cerah Batik Lasem
P Raditya Mahendra Yasa

Lasem, sebuah kota kecamatan kecil di sebelah timur Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, memiliki catatan sejarah panjang. Lasem dulu dianggap strategis dengan lalu lintas perdagangan hingga menjadi salah satu titik mula jalur candu. Sastrawan Pramoedya Ananta Toer mencatat Lasem menjadi tempat penyelundupan senjata api dari Singapura saat Perang Diponegoro 1825-1830.

Tahun 1740, Lasem yang terletak di jalur utama pantai utara Jawa menjadi tempat perlawanan warga China terhadap Kompeni. Jejak peradaban budaya China yang tinggal di kawasan itu hingga ratusan tahun sampai sekarang masih tampak berupa rumah-rumah besar berarsitektur China.

Dari dalam tembok pagar dengan pintu kayu jati tebal itu, budaya batiknya masih dapat dijumpai dan berproduksi turun-temurun sampai saat ini. Motif China peranakan dengan warna dominan merah, biru, dan hijau menjadi ciri kuat batik pesisir timur pantai utara Jawa.

Sekitar 30 tahun lalu batik Lasem sempat mati suri, kalah dengan batik Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Seiring dengan kembalinya tren batik di Indonesia beberapa tahun ini, batik Lasem dengan ciri motif burung hong dan bunga seruni mulai menapak cerah.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Rembang mencatat nilai ekspor batik Lasem produksi perajin batik di Kecamatan Lasem rata-rata meningkat 20 persen per tahun. Pasar ekspor ke sejumlah negara, seperti China, Jepang, Malaysia, dan Amerika, kembali terbuka.

Pengusaha batik mulai menggerakkan pembatik dari sejumlah kampung. Santoso Hartono, misalnya, adalah salah satu produsen batik tulis yang mempekerjakan ratusan warga sekitar. Proses panjang dalam menghasilkan sebuah kain batik tulis ini seluruhnya merupakan keahlian dari tangan.

Foto dan Teks: P Raditya Mahendra Yasa

Sumber: http://female.kompas.com/

About sulastama
Sulastama Raharja, Graduated from Geological Engineering, Gadjah Mada University. Development Geologist in Bekasap South AMT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: