Batik Grabag Kembali Bangkit

Batik Grabag Kembali Bangkit

Para perajin batik di wilayah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo yang sempat terpuruk, kini bangkit kembali dengan berdirinya paguyuban batik. Bahkan mereka telah memiliki show room sendiri untuk memajang batik.

“Dulunya di daerah ini katanya sudah banyak perajin batik, tapi kemudian menyurut karena generasi penerusnya sudah jarang yang bisa membatik. Kini mereka bangkit kembali setelah diadakan berbagai pelatihan, dan kesadaran warga bahwa batik merupakan potensi ekonomi desa yang dapat dikembangkan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Purworejo Dra Suhartini MM saat mengunjungi pusat batik Grabag di Desa Kedungagung Kecamatan Grabag, Kamis (31/3).

Dikatakan, untuk membangkitkan kembali batik Grabag ini, pihaknya terus berupaya memberikan dorongan semangat dengan berbagai pelatihan. “Bahkan pemasaran juga kita bantu dengan mendatangkan pengunjung di pusat Bagik ini,” jelasnya.

Hal ini juga diakui Wakil Bupati Purworejo Suhar, yang juga berasal dari Desa Kedungagung ini. “Memang di daerah saya dulu banyak perajin batik. Mungkin karena kurang regenerasi dan perhatian dari pihak pemerintah sehingga jumlahnya semakin berkurang,” katanya.

Suhar juga yakin bahwa perkembangan batik Grabag ke depan akan lebih bagus mengingat kebutuhan masyarakat akan batik juga meningkat. “Buktinya hasil kerajinan mereka juga banyak yang terjual,” katanya. (Nar)

Sumber: http://www.krjogja.com/

About sulastama
Sulastama Raharja, Graduated from Geological Engineering, Gadjah Mada University. Development Geologist in Bekasap South AMT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: